banner 468x60

PARIWISATA: NTB Masih Diminati Wisatawan Eropa

576 views
banner 160x600
banner 468x60

gilisah

MATARAM - Negara-negara Eropa nampaknya menaruh perhatian pada destinasi wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat. Tercatat beberapa nama negara Eropa berkontribusi dalam jumlah kunjungan wisatawan di NTB pada 2015.

Kendati demikian, wisatawan asal Negeri Kanguru Australia menempati posisi atas dalam 10 jumlah kunjungan terbesar ke Nusa Tenggara Barat.

Dari data statistik yang dikeluarkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB tercatat jumlah kunjungan wisatawan Australia sebanyak 191.609 orang. Angka tersebut diikuti oleh Jerman sebanyak 86.774 orang, Belanda 81.774 orang, dan Inggris sebanyak 80.419 orang.

Negara tetangga Malaysia masuk pada posisi ke lima untuk penyumbang wisatawan yang masuk ke Nusa Tenggara Barat pada tahun 2015 dengan angka kunjungan sebanyak 75.288 orang.

Negara-negara Eropa lainnya seperti Prancis, Italia, dan Swiss masuk dalam 10 besar negara asal wisatawan asing terbanyak di NTB. Selain itu masih ada wisatawan asal Amerika Serikat dan Kanada yang tertarik untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Barat.

"Selain 10 negara tersebut, negara-negara potensial lainnya yaitu Singapura, Jepang, New Zealand, China, dan Korea Selatan," seperti yang dikutip dari Statistik Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB, Jumat (2/9/2016).

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi NTB Lalu Mohammad Faozal pernah mengatakan pengembangan pariwisata NTB akan difokuskan pada target kunjungan wisatawan.

Konsep promosi yang dilakukan oleh NTB masih berfokus pada potensi yang dimiliki. Namun, seiring dengan berkembangnya destinasi dan target kunjungan wisatawan yang semakin banyak, konsep promosi yang berfokus pada potensi tersebut dinilai tidak mampu mengakomodasi kebutuhan dan keinginan pasar.

“Sekarang kami berpikir pada pasar, karena itu statistik pasar kami pelajari dan disanalah fokus promosi kami. Misalnya sekarang Malaysia tren statistik kunjungannya bagus, kami upayakan maintenance promosi disana agar wisatawan dari Malaysia bisa ke Lombok dan Sumbawa,” ujar Faozal.

Wisatawan asing yang berkunjung ke NTB datang melalui pintu masuk Pelabuhan Lembar dengan menggunakan kapal pesiar yaitu sebanyak 4,73%. Selain itu tercatat melalui Bandara sebesar 11,20%.

Sarana kapal cepat dari Bali menuju Gili Trawangan nampaknya memiliki kontribusi besar dalam kunjungan wisatawan. Sebanyak 41,76% wisatawan asing merupakan wisatawan asing yang sebelumnya berwisata ke Bali kemudian melanjutkan ke wilayah NTB khususnya Gili Trawangan.

Email Autoresponder indonesia
author