banner 468x60

Ngalap Berkah Nelayan Muncar Gelar Petik Laut

694 views
banner 160x600
banner 468x60

Petik laut

BANYUWANGI. Nelayan Kecamatan Muncar menggelar ritual larung sesaji. Kegiatan yang digelar setahun sekali ini mereka menyebutnya Petik Laut. Perahu kecil yang sudah dihias serta dipenuhi sesaji, tanaman hasil bumi dan kepala kambing itu dilarung ke tengah lautan, di iringi ratusan perahu nelayan.

Hal ini dilakukan untuk ngalap berkah, supaya hasil tangkapan ikan bisa lebih berlimpah dan nelayan selalu dijauhkan dari marabahaya.

Upacara tahunan yang digelar Minggu pagi (16/10) ini, berlangsung hikmat dengan kehadiran Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiyatmoko. Sebelum memasang kail ikan yang terbuat dari emas, orang nomer dua di Banyuwangi ini juga turut mendoakan para nelayan, suapaya masayarakat nelayan Muncar bisa lebih sejahtera, selalu diberikan keselamatan dalam melaksanakan rutinitas di lautan.

“Saya berharap dari kegiatan ini masyarakat dijauhkan dari marabahaya, dan diberikan hasil ikan yang melimpah,” ujarnya kemarin.

Usai memasang kail ikan di kepala kambing, Wakil Bupati Banyuwangi dan segenap rombongan menghantarkan perahu sesaji itu ke pesisir Pelabuhan Muncar. Tak lama kemudian perahu sesaji itu diangkut menggunakan perahu milik salah satu nelayan Muncar diangkut ke tengah lautan.

Tentu saja perahu pengakut perahu sesaji itu ketika berlayar ke tengah lautan di iringi ratusan perahu nelayan. Masyarakat yang hadir di agenda ini juga turut ikut memriahkan kegiatan tersebut. Mereka sangat antusias dan ikut dalam rombongan perahu tersebut.

Saat perahu sesaji itu dilarung, tak jarang dari mereka juga ikut menceburkan diri dan mengambil air laut di dekat larungan sesaji itu untuk mencuci perahunya, karena mereka yakin terdapat berkah tersendiri dalam perayaan masal ini.

“Petik laut mampu mendatangkan berkah dari Sang Maha Kuasa untuk para nelayan. Air laut yang digunakan memandikan perahu itu untuk tolak balak, supaya para nelayan diberikan keselamatan serta dijauhkan dari marabahaya,” terang Hasan Basri, ketua panitia petik laut Muncar. (yud)

Email Autoresponder indonesia
author