banner 468x60

KCFI Bekasi Gelar Diskusi dan Nobar

885 views
banner 160x600
banner 468x60

img-20161214-wa0020

Jakarta, 16/12/2016. Komunitas Cinta Film Indonesia Zona Bekasi, akan mengadakan kegiatan Diskusi dan Nonton bareng film "Singa Karawang Bekasi", pada Sabtu, 17 Desember 2016 , di GP Mall Bekasi. Film ini bercerita tentang perjuangan tokoh Islam KH Noer Ali asal Bekasi. Singa Karawang-Bekasi  merupakan film yang dirilis pada tahun 2003 yang disutradarai oleh Nurul Berri,  dibintangi  oleh Rendi Bragi, Winky Wiryawan, Gladys Angelie, Rifat Sungkar, Marshanada dan Adipura. Film ini bercerita dengan latar belakang peristiwa perang antara NICA/Sekutu dan rakyat Cibening-Cakung pada pertengahan Oktober 1945. Dimana saat peristiwa tersebut, pemuda Indonesia menawan sekitar 22 serdadu India /Gurka dan empat awak pesawat Inggris yang mendarat di Rawa Gatel.Tokoh, K.H. Noer Ali, pimpinan Laskar Hizbullah, yang.di perankan oleh Rendy Bragi.

K.H. Noer Ali adalah Jagoannya Bekasi, siapa yang tidak kenal beliau,bukan warga bekasi nama nya jika tidak kenal siapa itu K.H. Noer Ali. Beliau adalah Tokoh yang sangat hebat, Salah satu karya Beliau yang dapat kita rasakan manfaatnya sampai sekarang adalah pembangunan jalan Raya Kerawang-Bekasi. Beliau bekerja keras dalam pembukaan akses jalan secara besar-besaran antara kampung Ujung Malang, Teluk Pucung, dan Pondok Ungu. Dalam setiap jalan yang dibangun beliau tidak pernah mengeluarkan biaya untuk pembebasan tanah warga, tetapi apabila itu merupakan instruksi dari Engkong Kiai, semua warga dengan sukarela dan ikhlas akan mewakafkan, beliau sendirilah yang bersedia terjun langsung memimpin gotong-royong pengerjaannya pada pertengahan tahun 1941. Karena kepiawaiannya membela warga bekasi maka, Singa Karawang Bekasi atau Si Belut Putih itulah julukan yang  di berikan  oleh warga Bekasi kepada beliau, julukan yang memang layak di berikan kepadanya atas keberanian dan jiwa patriotnya semasa revolusi melawan penjajahan belanda dan atas jasa-jasanya yang tiada tara kepada Negara ini  pulalah sehingga di masa pemerintah presiden SBY menetapkan Kepres yang menganugrahkannya gelar Pahlawan Nasional Indonesia dan mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Maha Putra Adipradana. Beliau merupakan Seorang Kyai yang sangat peduli dengan pendidikan, cerdas, berani dan sangat dihormati oleh lingkungan sekitarnya. KH.Noer Alie lahir di Desa Ujung Malang Bekasi tanggal 15 juli 1914 ayah beliau seorang petani bernama Anwar bin Layu dan  ibunya bernama Maimunah. 

Dalam kegiatan diskusi Sejarah dan film ini akan di hadiri oleh nara sumber Ir. Budiaty Abiyoga yang menjadi Produser Film tsb, Budayawan Bekasi dan tokoh masyarakat setempat. Kegiatan ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan komedian Prapto Pempek dari Satelit Nusantara serta pertunjukan lainnya yang akan menghibur warga Bekasi.(BS)

Email Autoresponder indonesia
author